Cara Mengawinkan Ikan Cupang Paling Mudah di Praktekan Untuk Pemula

Cara mengawinkan ikan cupang, akhir-akhir ini banyak orang yang ingin belajar beternak ikan cupang. Mungkin ini dilatar belakangi karena mereka ingin
Cara mengawinkan ikan cupang
Hobicupang - Cara mengawinkan ikan cupang, akhir-akhir ini banyak orang yang ingin belajar beternak ikan cupang. Mungkin ini dilatar belakangi karena mereka ingin mencoba keberuntungan untuk jualan ikan cupang atau cuman semata hobi saja.

Proses breeding atau mengawinkan pun sangat mudah, tidak ribet. Namun Walau demikian, temen-temen harustetap  memperhatikan langkah-langkahnya dengan seksama supaya mendapatkan hasil burayak yang banyak dari proses breeding itu sendiri. 

Bagaimana cara mengawinkan ikan cupang yang benar?

Nah dikesempatan kali ini hobicupang akan berbagi pengalaman mengenai cara mengawinkan ikan cupang bagi pemula, yang benar supaya hasil burayaknya maksimal. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan untuk memijahkan ikan cupang? Simak dibawah ini :

1. Pilih Indukan Yang Bagus

Yang pertama, teman-teman  siyapkan indukan yang menurut kalian indukannya bagus bahkan yang paling bagus. Disini yang dimaksut indukan yang bagus ialah indukan ikan cupang yang sudah siap pijah atau dikawinkan. 

Ciri-ciri indukan betina yang bagus adalah betina yang memiliki badan bongsor, atau panjang, ekornya lebar bukaannya, 180 derajat. Memiliki warna yang seimbang jika jenisnya multycolour. 

Indukan betina yang siap dipijahkan biasanya ditandai dengan perutnya yang buncit, atau terlihat gemuk.
Dan pastikan kalian bisa membedakan antara ikan cupang betina dan ikan cupang jantan, jangan sampai jantan sama jantan yah temen-temen, yang ada entar malah adu jotos tu ikan. hehehe

Usia indukan ikan cupang yang siap pijah yaitu usia 4 bulan sampai 9 bulan. indukan jantan yang siyab pijah biasanya mengeluarkan gelembung air kecil-kecil tapi sangat banyak.


2. Siapkan Media Pemijahan

Media yang biasa digunakan untuk pemijahan ikan cupang adalah menggunakan media yang sangat sedehana yaitu kaleng cat tembok bekas, atau menggunakan baskom. Teman-teman besi membeli di tukang rosok atau barang bekas sekitar rumah kalian. 

Kemudian temen-temen cari asbes bekas. Potong kecil saja, sekitar panjang 13cm lebar 8cm. Potongan asbes ini berfungsi sebagai tempat untuk mengamankan busa dari indukan jantan yang nantinya juga buat calon telurnya.

Oh iya, supaya hasilnya maksimal sekali  pijah kita pijahkan 5 pasang cupang. Jadi nanti teman-teman menyiapkan medianya juga 5 kaleng cat.

3. Air

Terakhir yang harus disiapkan yaitu air bersih. Kalau bisa temen-temen siyabkan air bersih yang sudah diendapkan satu hari sebelum pemijahan. Dan jangan lupa siyabkan juga air ketapang, supaya lebih maksimal ya temen-temen.

Suhu air yang dapat digunakan untuk pemijahan ikan cupang tidak tahu pastinya, yang pasti tempatnya dingin tidak terpapar langsung oleh sinar matahari.

Cara Budidaya Ikan Cupang :

  1. Letakkan indukan cupang jantan dan indukan cupang betina ke media yang sudah kalian siyabkan tadi. 
  2. Airnya Separuh kaleng saja
  3. Kasih sedikit air ketapang tadi, kira-kira setengah kemasan air mineral yang gelasan.
  4. Susun dengan menumpuk keatas media yang sudah ada ikannya tadi.
  5. Biarkan ikannya indehoi selama 1 hari, saat proses itu jangan sering-sering kalian lihat atau buka. Bisa stres ikannya akhirnya tidak mau kawin.
  6. Berdoalah :)
  7. Setelah itu, lihatlah hasilnya. kalau burayak sudah bertelur, ambil indukan betinanya.
  8. Biarkan indukan jantan menjaga telurnya sampai menetas, indukan jantan akan menjaga telur dan burayak terhadap jentik nyamuk. kadang burayak mati dimakan oleh jentik nyamuk kalau tidak ada indukan jantan yang menjaganya.
  9. Untuk burayak yang sudah menetas, kalian tidak perlu kasih makan sampai 3 hari karena si burayak masih punya cadangan makanan.
  10. Terakhir setelah burayak usia 4 hari temen-temen bisa memberikan makanan seperti: infusoria, anakan kutu air yang masih kecil banget, atau kuning telur ayam yang direbus, bisa juga dengan pakan instan buat burayak yaitu Cupang Pintar.

Itulah yang bisa kami share, tentang cara mengawinkan ikan cupang. Semoga bermanfaat, jangan lupa share juga artikel ini, supaya yang lain juga bisa mendapatkan pengetahuaan ini. 

Dan jangan sungkan untuk berkomentar dikolom komentar yang sudah tersedia, untuk menambahkan pengetahuan mengenai memijahkan ikan cupang. Trimsss :)

Baca Juga : Cara Cepat Menaikan Warna Ikan Cupang